Jenis Penelitian

Januari 7, 2010 fnpinky
Tag: , , , , , ,

Ditinjau dari data yang dikumpulkan:

  • Penelitian Kuantitatif

Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendakatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya dan dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahannya untuk memperoleh pembenaran dbentuk dukungan data empiris lapangan. Ciri-ciri: data yang dikumpulkan dinyatakan dalam bentuk nilai absolut, pada umumnya dilakukan pada penelitian rekayasa, hasilnya bersifat lebih obyektif.

  • Penelitian Kualitatif

Bersifat deskritif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan. Ciri-ciri: data yang dikumpulkan dinyatakan dalam bentuk nilai relatif, pasa umumnya dilakukan pada penelitian sosial, hasilnya bersifat obyektif, berlaku sesaat dan setempat.

Di tinjau dari tujuan dan sifatnya:

  • Penelitian Eksploratoris

Tujuannya untuk mengenal atau mendapatkan pandangan baru tentang suatu gejala, yang sering kali mampu merumuskan masalah penelitian dengan lebih tepat atau untuk dapat merumuskan hipotesis penelitian yang selanjutnya diuji dalam penelitian lebih lanjut.

  • Penelitian Deskriptif

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala masyarakat tertentu. Yang meliputi: penelitian yang mencari hubungan antara dua variabel atau lebih, penelitian yang berusaha untuk melakukan semacam ramalan, penelitian yang menggambarkan penggunaan fasilitas masyarakat, penelitian yang menggambarkan karakter suatu kelompok orang tertentu.

  • Penelitian Eksplanatori

Pelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan untuk menguji hipotesis yang menyatakan hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih. Dalam penelian ini hubungan sebab akibat harus tampak nyata.

  • Penelitian Survei

Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya.

  • Penelitian Korelasional

  • Penelitian Komparasi Kausal

Di tinjau dari pemakaian hasil:

  • Penelitian Dasar

Pola pikir bertolak dari ilmu dasar yaitu ilmu alam, budaya, dan kimia. Berusaha menemukan konsep-konsep ilmu yang baru. Hasilnya belum dapat di aplikasikan secara langsung dimasyarakat.

  • Penelitian Terapan

Merupakan aplikasi penelitian dasar yang pola pikirnya bertolak dari ilmu terapan, yang mana hasilnya dapat di aplikasikan secara langsung dimasyarakat.

JENIS-JENIS PENELITIAN

Disusun Oleh :

Fany Widyasari

107711407004

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

JURUSAN PJKR

September 2009

Entry Filed under: Kuliah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Kategori

Januari 2010
S S R K J S M
« Des    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

Halaman

Komentar Terbaru

fnpinky di MySpace
fnpinky di Jaya Q
fnpinky di Jaya Q
fnpinky di Beras
fnpinky di Rafael Nadal

Blogroll

RSS berita olahraga terkini

 
%d blogger menyukai ini: