Latihan Kekuatan Otot Untuk Kesehatan

Januari 7, 2010 fnpinky
Tag: , , , , ,

Setiap orang, tidak peduli apakah muda atau tua, harus melakukan beberapa jenis pelatihan kekuatan. Hal ini bisa didapatkan di gym, atau di rumah dengan menggunakan peralatan yang seadanya.

Bahan yang digunakan seperti : barbel, ember berisi air dan bahkan berat badan anda sendiri bisa digunakan sebagai alat untuk melatih kekuatan anda.

Bila tidak sekarang, kapan lagi? Jika anda tidak pernah ikut serta dalam program pelatihan kekuatan, sekaranglah waktunya. Karena ada beberapa alasan yang sangat penting untuk pelatihan kekuatan yang membuat perbedaan dalam kualitas hidup anda.

Gunanya melakukan latihan kekuatan otot, adalah:

  • Meningkatkan kemampuan anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari, otot yang kuat sangat dibutuhkan misalnya untuk memindahkan barang, mengangkat barang berat, mendorong lemari, dan sebagainya.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh dan menjaga stabilitas,  lebih banyak kekuatan otot maka akan semakin banyak tenaga yang terlatih. Hal ini akan membantu anda tetap aman di dalam kegiatan sehari-hari dan resiko jatuh atau kecelakaan pun sedikit.
  • Membangun kekuatan otot, semakin tua seseorang maka mereka akan kehilangan antara lima atau tujuh pon dari kekuatan otot mereka setelah menginjak usia 20 tahun. Pelatihan ini akan membantu mencegah hilangnya kekuatan otot, dan membangun kembali apa yang mungkin telah hilang.
  • Penurunan risiko osteoporosis, proses penuaan dan penurunan aktivitas dapat mengakibatkan penurunan kepadatan tulang, yang mengarah ke kerapuhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan konsisten pelatihan dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Mengurangi tekanan darah, pelatihan kekuatan ini dapat bermanfaat untuk pencegahan dan perawatan tekanan darah tinggi karena memperkuat jantung, sehingga jantung berdetak lebih efisien.
  • Membakar banyak kalori, pelatihan akan meningkatkan metabolisme tubuh tinggi, menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini membantu secara signifikan untuk mengurangi berat badan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Mengurangi sakit punggung, penelitian telah menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot punggung dan meringankan rasa sakit dipunggung.

Usahakan setiap latihan lakukan pemanasan terlebih dahulu, dan lakukan latihan pertama seminggu 2 kali, dan seterusnya seminggu 3 kali.

Jika anda berlatih menggunakan beban berat, anda harus bisa memilih berat dan rasakan bebannya dulu, jangan sampai tidak seimbang antara berat badan anda dan berat beban yang anda angkat.

Bila anda merasakan sakit ketika latihan, segeralah menghentikan latihan, karena setiap latihan tidak boleh menyakitkan. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter sebelum memulai latihan. (Afz)

Entry Filed under: Kuliah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Kategori

Januari 2010
S S R K J S M
« Des    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

Halaman

Komentar Terbaru

fnpinky di MySpace
fnpinky di Jaya Q
fnpinky di Jaya Q
fnpinky di Beras
fnpinky di Rafael Nadal

Blogroll

RSS berita olahraga terkini

 
%d blogger menyukai ini: